Senin, 23 Oktober 2017

Contoh Pelanggaran Etika

Selasa, 17 Oktober2017
Hari ini saya ada jadwal kuliah dikampus, seperti biasa saya kekampus mengendarai sepeda motor. Ketika saya berada dijalan raya, saya melihat ada sebuah mobil yang melintas dan membuang sampah yang lewat jendela kaca mobilnya. Menurut saya kejadiaan itu adalah pelanggaran etika karna dapat menggang bagi pengendara lain dan dapat membuat pengendara lain menjadi tidak fokus.

Rabu, 18 Oktober 2017
Ketika saya sedang berpergian menggunakan kendaraan umum, saya merasa keganggu dengan rombongan remaja yang berbicara didalam kendaraan tersebut dengan suara yang keras, sedangkan didalam kendaraan tersebut bukan hanya dia dan temannya. Masih ada penumpangn yang lainnya. Itu membuat saya merasa keganggu dan kurang nyaman.  

Kamis, 19 Oktober 2017
Saat saya sedang mengisi bensin, ada seorang pengendara lain yang sedang mengisi bensin juga, pada saat itu pengendarai itu memainkan sebuah handphone, lalu pengendara itu ditegor oleh penjaga pom bensin untuk tidak memainkan handphone pada saat pengisian bensin atau diarea pom bensin.

Jumat, 20 Oktober 2017
Saat saya sedang perjalanan arah kerumah, saya melintasi sebuah stadion, saya meliat sebuah bus yang membawa penumpang melebihi kapasitas. Sampai ada yang duduk diatas bus. Penumpang tersebut sampai ada yang membawa bendera lalu mengibarkannya diatas mobil. Menurut saya kejadian tersebut pelanggaran etika.

Sabtu, 21 Oktober 2017
Waktu saya sedang duduk didepan rumah dengan santai dengan keluarga saya. Ada sebuah motor yang melewati rumah saya, dengan kecepatan yang lumayan kencang, padahal keadaan diperumahan saya sedang banyak ibu-ibu yang sedang duduk, motor tersebut hanya langsung melewati ibu-ibu yang sedang duduk tanpa meminta permisi atau melempar senyum untuk saling menyapa. Motor tersebut hanya langsung melintas.

Minggu, 22 Oktober 2017
Seperti biasa saya hari minggu mengantar ibu saya pergi kepasar, ketika saya sedang berjalan menuju pasar, ada seorang ibu yang sedang mengendarai sepeda motor, beliau menyalakan sein motor kekiri, ketika saya ingin mendahului ibu tersebut berbelok kearah kanan, dan itu membuat saya kaget dan membuat saya mengerem mendadak.

Senin, 23 Oktober 2017
Ketika saya pergi sebuah warung, saya melihat ada beberapa segerombol anak muda yang kira kira masih bersekolah SMP, mereka sedang merokok sambil meminum kopi dengan santai. Mereka tidak memikirkan akan kesehatannya diusia yang masih sangat muda. Penjaga warung pun tidak menegor mereka saat mereka sedang merokok.

Contoh Kasus Etika Dalam Kehipan Sehari-Hari
Masih berkaitan dengan etika dengan pelanggaran kode etika, disebuah rumah sakit dihebohkan dengan  sebuah perbuatan yang bikin orang bertanya-tanya. Seorang tenaga medis yang diduga seorang perawat sedang berselfie ria disebuah ruangan operasi bersama dengan rekan kerjanya dan mereka melakukan selfie dalam melakukan operasi. Perbuatan tersebut diunggahnya disebuah akun sosial. Tak lupa seorang perawat tersebut mencantumkan lokasi rumah sakit. Kejadian itu banyak mengundang reaksi orang untuk berkomentar tentang kejadian itu. Banyak yang berkomentar bahwa kejadian tersebut adalah tindakan tiak terpuji dan melanggar etika. Sedangkan pasien sedang membutuhkan pertolongan sedangkan para medis sedang melakukan selfie. Pasien bisa saja melaporkan dokter praktik ke majelis Kehormatan Etik Kedokteran Indonesia (MKEKI) dan Majelis Kehormatan Displin Kedokteran Indonesia (MKDKI) yang berada dibawah Konsul Kedokteran Indonesia (KKI)

https://shintaokrami.wordpress.com/2015/12/30/contoh-kasus-kode-etik-profesi-lagi-tenaga-medis-ber-selfie-ria-di-ruang-operasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar