Senin, 30 Oktober 2017

Contoh Etika dan Pentingnya Etika dalam kehidupan sehari-hari

Contoh Etika Dalam Kehidupan Sehari-hari

24 Oktober 2017
Ketika sedang sedang perjalanan pulang kerumah saya melihat seorang pengendara motor yang sedang memainkan gas (bising) dengan sengaja dalam posisi perjalanan macet. Saya tau maksud pengendara tersebut agar dipengendara yang berada didepan mempercepat perjalanannya, akan tetapi posisi disana macet, jalur yang digunakan juga untuk gantian dengan pengendara lainnya. Menurut saya perbuatan itu perbuatan pelanggaran etika, karna hanya akan membuat orang merasa kesal dengan perbuatannya.

25 Oktober 2017
Waktu saya menemani ibu saya membeli kerudung disebuah toko kerudung, ternyata ditempat toko kerudung tersebut sedang ada pencurian sepeda motor. Semua terlihat di rekaman cctv. Namu sebelum cctv tersebut diperlihatkan, ternyata ada seseorang yang mengetahui bahkan curiga kalo 2 orang laki laki sedang mengincar dan bergelagak seperti orang mencurigakan. Sayangnya pencuri yang membawa sepeda motor tersebut berhasil melarikan diri, sedangkan temennya tertangkap.

26 Oktober 2017
Selesai kuliah seperti biasa saya bergegas pulang kerumah mengendarai sepeda motor, sepanjang perjalanan yang saya lewati sangat macet. Saya melihat ada beberapa pengendara sepeda motor yang melewati trotoar bagi penjalan kaki. Meskipun jalan yang mereka lalui tidak macet akan tetapi mereka telah mengambil hak bagi pejalan kaki.

27 Oktober 2017
Hari ini adalah hari saya libur kuliah, biasanya kalo saya libur kuliah saya membuka internet untuk sekedar iseng mencari berita atau informasi. Ketika saya membuka sebuah situs internet saya melihat bahwa ada seorang anak yang dianiaya oleh ibu kandungnya sendiri. Berita yang saya dapat setelah membaca berita tersebut adalah anak itu tidak mau menurut akan perintah ibunya. Sedangkan anak masih berusia sangat belia.

28 Oktober 2017
Hari ini saya ingin berencana main bersama sahabat saya, rencananya saya main dengan dia dengan jarak yang bisa dibilang agak jauh jadi saya berangkat siang.  Sampai didaerah rumah saya sudah dibilang malem karna jalanan sudah tidak terlalu rame, saya melihat ada sekumpulan anak muda yang saya liat sepertinya masih bersekolah sedang duduk disebuah warung. Mereka bertawa bersama sambil memegang sebuah roko dan sebuah botol minum. Saya tidak tau betul botol tersebut botol minum keras atau tidak. Tapi seharusnya anak-anak tersebut tidak berkeliaran diluar dengan jam yang sudah malam.

29 Oktober 2017
Hari ini saya sekeluarga ini mengunjungi sodara didaerah tanggerang. Saya dan keluarga melewati jalur tol agar mempercepat perjalanan. Ketika saya melewati saya melihat ada sebuah mobil yang mengebut dengan kecepatan lumayan kencang dan langsung menyelip kejalur yang lain. Mobil itu terlihat sedang berburu-buru. Sehingga mobil yang ia nyalip mengurai kecepatannya agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

30 Oktober 2017
Seperti biasa saya pergi kekampus dengan mengendarai sepeda motor, saya yang posisinya sedang menunggu lampu merah disebuah perempatan jalan, saya melihat ada sebuah mobil yang sedang melintas jalan disaat lampu merah sudah menyala. Mobil tersebut seketika berhenti ditengah jalan dan membuat jalanan macet. Lalu mobil tersebut didatangi oleh seorang polisi untuk diminta keterangan dan ditindaklanjuti.

Arti Pentingnya Etika dalam kehidupan sehari-hari
Sebelum menjelaskan arti pentingnya etika dalam kehidupa sehari-hari, akan lebih baik jika kita mengerti apa itu etika.
Etika merupakan ilmu yang membahas tentang perbuatan baik dan buruknya perbuatan yang dilakukan oleh manusia. Mengapa etika itu penting? Karna dalam dunia sehari-hari entah kita sedang berada dalam lingkungan masyarakat, bisnis, sekolah, umum, dan lainnya, kita harus menjaga sikap,tutur kata, dan etika kita. Dan dengan adanya etika maka dapat mengatur bagaimana seseorang dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik.  Semua itu harus didukung dengan tutur kata yang baik dan sopan. Dan etika dapat membentuk karateristik seseorang. Karna jika tanpa adanya etika maka kita akan pernah tau perbuatan yang kita lakukan tersebut benar atau salah, merugikan orang lain atau tidak, dan menyinggung perasaannya atau tidak. Maka dari itu dengan etika memberikan batasan bagi seseorang dalam bersikap, bertutur dalam lingkungan bermasyarakat agar dapat tercapai kehidupan yang aman dan tentram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar